Mari Berkunjung Ke Singa Ambara Raja

Rasa-rasanya segala hal yang berada di Bali berpotensi untuk menjadi lokasi wisata, tak terkecuali dengan Tugu Singa Ambara Raja yang terletak di Kabupaten Buleleng. Sejatinya Singa Ambara Raja merupakan lambang Kabupaten Buleleng sendiri yakni berupa singa yang memiliki sayap dengan salah satu kaki depannya sedang memegang jagung gembal. Lambang tersebut kemudian dikonstruksi menjadi sebuah tugu yang diletakkan di depan kantor Bupati Daerah Tingkat II Buleleng dengan beton bertulang.

Tugu Singa Ambara Raja ini, dalam perkembangannya kemudian menjadi landmark kota Buleleng disebabkan karena memiliki bentuk yang unik dan tiada duanya. Lokasinya yang terbilang sangat strategis karena tepat berada di perempatan jalan yang sering sekali dilewati oleh para wisatawan menjadikan tugu ini memiliki daya tarik tersendiri dan tak jarang dijadikan sebagai area berfhoto mereka.

Filosofi Tugu

Tugu Singa Ambara Raja memiliki nilai filosofi yang sangat dalam karena memiliki pondasi dengan berbentuk segi lima yang melambangkan Dasar Negara Pancasila. Patung Singa Ambara Raja dibangun dengan berbentuk singa bersayap panjang dengan ditunjang oleh sebuah tugu berbentuk bunga teratai yang terdiri dari 9 kelopak yang melambangkan Daerah Tingkat II Buleleng sendiri yang memiliki 9 kecamatan. Patung singa memiliki dua sayap dan tiga sayap terdiri dari 17 bulu yang panjang.

Sementara kaki depan sang singa sedang memegang jagung gembal yang terdiri dari 8 daun sedangkan jagungnya terdiri dari 45 biji. Dari situ tampak bahwa segala pernik yang ada di tubuh singa melambangkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yakni 17 Agustus 1945.  Arti lain ditorehkan oleh bulu panjang singa yang berjumlah 30 biji dengan melambangkan tanggal lahirnya kota Singaraja, dimana bulu tersebut tumbuh dari tiga buah tulang yang melambangkan bulan, sedangkan bulu halus yang melindungi sekujur tubuh singa berjumlah 1604 yag bermakna tahun. Penggabungan dari kesemuanya itu adalah Hari Lahirnya Kota Singaraja yang jatuh pada 30 Maret 1604. sementara peresmian tugu ini sendiri terjadi pada tanggal 30 Maret 1971.

Lokasi Tugu Singa


Tempat Tugu Singa Ambara Raja ini sangat strategis dan sangat mudah sekali dituju karena terletak tepat di depan Kantor Kepala Bupati Daerah Tingkat II Buleleng. Tepatnya di pertigaan Jalan Veteran, Jalan Pahlawan dan Jalan Ngurah Rai.

Klik Spot Wisata di Bali yang lainnya!

 

Incoming search terms:

  • arti ambara
  • arti patung singa bersayap
  • filosofi singa bersayap
  • foto patung singa di buleleng bali
  • karikatur tugu singa
  • logo singa ambara raja
  • mitos singa ambara raja
  • patung singa ambara raja foursquare

Tips Wisata , , , ,

Related Listing

Trackbacks For This Post

  1. [...] Beberapa fasilitas dan sarana umum yang terdapat di Bandara Internasional Ngurah Rai [...]

1 Review

  1. Bandara Udara Ngurah Rai: Pintu Masuk Ke Bali | Wisata Bali, 3 years ago

    [...] Beberapa fasilitas dan sarana umum yang terdapat di Bandara Internasional Ngurah Rai [...]

       -  

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah