Mengunjungi Taman Wisata Alam Sangeh

Sangat mungkin, Taman Wisata Alam Sangeh belum seterkenal Kuta, Tanah Lot, Danau dan Gunung Batur di Bali. Padahal taman wisata ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang berminat untuk datang ke tempat wisata yang berbeda. Sangeh termasuk lokasi wisata yang mudah sekali dicapai karena hanya terletak sekitar 20 km saja dari Denpasar. Siapapun yang belum pernah ke Sangeh perlu mencoba nuansa lokasi wisata yang baru dengan mengunjunginya.

Pesona Hutan

Salah satu pesona yang diberikan oleh Taman Wisata Alam Sangeh adalah wisata hutan yang didalamnya banyak sekali dihuni oleh ratusan ekor kera. Yang mengesankan yakni dahulu kera-kera di Sangeh terkenal sangat jahil sekali dengan mengambil tas atau barang bawaan lain para pengunjung. Tas atau barang bawaan tersebut akan dikembalikan oleh kera-kera itu kalau para pengunjung memberikan sepotong makanan yang disukainya seperti pisang, kacang-kacangan, dsb.

Kera Sangeh juga memiliki beberapa kelompok yang masing-masing kelompok memiliki satu pemimpin. Namun kelompok-kelompok tersebut memiliki pimpinan teringgi atau bisa dibilang raja dari seluruh raja kera yang ada di Sangeh. Pemimpin tertinggi ini berdiam ditempat yang paling luas di. Ditempat raja kera ini tinggal terdapat sebuah Pura Yang sangat terkenal kesakralannya yaitu Pura Bulit Sari.

Laiknya manusia ketika hendak memilih calon pemimpinnya, kera-kera itu juga menetapkan kera yang dipilih yang dianggap memiliki kharisma dan kekuatan yang diatas rata-rata. Para pemimpin ini memiliki hak-hak yang melebihi kera lainnya terutama dalam mengawini kera betina atau dalam jatah makanan. Biasanya kera yang dituakan atau dianggap rajanya kera akan diberikan kesempatan untuk mendapatkan makanan sampai puas, baru setelah puas sisanya diberikan kepada kera lainnya.

Menurut pengelola Taman Wisata ini, Hutan Wisata Sangeng dibuat sebagai taman dari kerajaan Mengwi. Agar terlihat cantik taman ini ditanami pohon pala yang khusus didatangkan dari Gunung Agung. Sebenarnya rencana pembuatan taman ini sangat dirahasikan namun akhirnya pembuatan taman ini diketahui oleh beberapa orang, akibatnya pembuatan taman itu dihentikan, hingga akhirnya kawasan itu diberi nama Sangeh, yang artingya ada orang yang melihat.

Lokasi dan Daya Tarik Lain


 

 

 

 

 

Sangeh terletak 20 km di sebelah utara Denpasar, di seberang jalan menuju Pelaga. Selain kera, daya tarik dari objek wisata ini adalah pura yang terletak di tengah pohon pala yang disebut dengan Pura Bukit Sari. Hutan pohon pala merupakan areal suci pura yang dikeramatkan oleh masyarakat Desa Adat Sangeh. So, kapan Anda akan berkunjung ke Taman Wisata Alam Sangeh?

Selamat Berkunjung!


Incoming search terms:

  • Sangeh
  • pura sangeh
  • kelebihan yang dimiliki oleh objek wisata alam sangeh?
  • Letak pura sangeh
  • mengenai objek wisata alam sangeh

Spot Wisata , , ,

Related Listing

Trackbacks For This Post

  1. [...] umumnya dengan menggunakan ketela rambat. Letak tempat makan sederhana ini kira-kira 100 m dari Sangeh ke arah [...]

1 Review

  1. Refreshing di Tanah Wuk | Wisata Bali, 2 years ago

    [...] umumnya dengan menggunakan ketela rambat. Letak tempat makan sederhana ini kira-kira 100 m dari Sangeh ke arah [...]

       -  

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah