Memburu Kain Tenun Khas Bali di Seraya Traditional Textile Artisan

Kawasan Bali terkenal memiliki masyarakat yang terampil, pandai membuat kerajinan tangan yang berdaya jual tinggi seperti patung, lukisan, pahatan, membatik, bahkan membuat olahan kuliner. Sudah dari dulunya masyarakat Bali dianugerahi keterampilan dalam mengolah aneka kekayaan alam dan sumber daya alami lainnya yang ada di Bali. Diantara mereka ada yang mengandalkan hidup dari menjadi pengrajin, atau membuat kerajinan sekadar hobi saja.

Kerajinan kain Bali telah terkenal ke seantero penjuru negeri. Cukup banyak home industry yang terdapat di Bali, salah satunya ialah Seraya Traditional Textile Artisan. Home industry ini banyak mempekerjakan warga sekitar, termasuk didalamnya anak-anak. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tekstil tersebut tak ada sedikitpun yang menggunakan bahan-bahan modern, khususnya yang mengandung bahan kimia. Murni semuanya mengandalkan kekayaan alam.

Hal tersebut dilakukan dengan dalih mensyukuri penciptaan Tuhan yang begitu melimpah. Mereka menggunakan akar pohon misalnya, untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Untuk warna merah contohnya, mereka bisa mendapatkannya dari akar buah Mengkudu. Untuk mendapatkan warna biru, bisa didapatkan dari tumbuhan Indigo, Kunyit untuk mendapatkan warna kuning dan masih banyak lagi. Untuk bahan pencelup biasanya mereka menggunakan bagian tumbuhan yang lainnya.

Mereka yang bekerja di home industry ini tergabung dalam kelompok yang diberinama Karya Sari Warna Alam. Mayoritas kain tenun diolah menjadi Pasmina baik untuk ukuran yang kecil maupun besar. Proses pembuatannya cukup memakan waktu yang lumayan panjang, antara 3 minggu sampai 1 bulan untuk satu jenis tenunan. Makanya karena lamanya waktu dan kerumitan pembuatannya, harga yang dipatok perlembarnyapun lumayan tinggi, yakni antara Rp 300.000 sampai Rp 600.000.

Lokasi

Seraya Traditional Textile Artisan bisa diperoleh di Br Kangin, Desa Seraya, Karangasem, Bali Timur –Indonesia.
Telp: 0828-3688122, 0852-37759269
Jam buka: jam 07.00 – 18.00
Harga: Rp 300.000 – Rp 600.000

Selamat Belanja!

 

Incoming search terms:

  • kain tenun bali
  • jual kain tenun bali
  • harga tenun bali
  • jual tenun bali
  • kain tenun khas bali
  • kain khas bali
  • kain bali tradisional
  • harga kain tenun bali
  • kain tradisional bali
  • jual kain bali

Spot Wisata , , , ,

Related Listing

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah