Semedi di Pura Batu Bolong

Pernahkah ke Pantai Senggigi? Nah, jika sudah pernah, di lokasi wisata menarik tersebut ternyata pengunjung tak hanya bisa menikmati keindahan pantainya saja, melainkan juga ada objek lain yang sayang jika dilewatkan ketika berkunjung kesana, yakni Pura Batu Bolong. Tak jauh dari namanya, mengapa pura ini disebut dengan Pura Batu Bolong karena memang pura ini berada di atas batu karang hitam di pantai tersebut yang memiliki lubang atau bolong di tengahnya. Keunikan yang lainnya yakni pura ini mempunyai posisi yang menjorok ke laut sehingga pengunjung yang datang bisa tepat berada diatas deburan ombak.

Pura Unik

Pura Batu Bolong ini, laiknya dengan pura atau tempat lain yang disucikan/dikeramatkan memiliki cerita dibaliknya. Adalah seorang pendeta yang berasal dari Jawa Timur bernama Dang Hyang Dwijenda yang disebut-sebut memiliki peranan signifikan dalam menyebarluaskan dan mengembangkan agama Hindu pernah singgah ke pura tersebut dan melewati perjalanan spiritualnya.

Legenda lainnya mengatakan jika kawasan pura dahulu sering diadakan upacara pengorbanan seorang perawan sebagai sajian makanan bagi ikan hiu yang tinggal di pantai. Ada juga legenda yang mengatakan bahwa pura ini merupakan tempat para wanita menerjunkan dirinya ke laut akibat patah hati. Memang sebuah legenda atau cerita demikian selalu berbau misteri dimana ketika  semakin dalam menelusurinya manusia akan semakin terbawa arus kebingungan yang tiada akhir.

Untuk memasuki pura, pengunjung diwajibkan memakai pita kuning yang dilingkarkan di pinggang. Pita disewakan di dekat pintu masuk. Tarif sewanya sukarela alias terserah kita. Ada dua pura yang menghiasi karang warna hitam ini. Berjalan menuruni anak tangga, kita akan menemukan pura pertama yang bersemayam di bawah naungan pepohonan rindang. Pura kedua berdiri di atas karang yang menjulang setinggi kurang lebih empat meter dan memiliki lubang di tubuhnya. Lubang inilah yang menjadi inspirasi lahirnya nama Pura Batu Bolong.

Sesampainya di lokasi pura, Anda yang hendak berwisata maupun mengikuti ritual di Pura Batu Bolong tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja Anda wajib mengenakan pita kuning untuk dililitkan dipinggang. Bagi yang tidak membawanya dapat menyewa di depan pintu masuk pura dengan tarif seikhlasnya.

Lokasi

Akses menuju Pura Batu Bolong yang terletak kurang lebih 12 kilometer dari Kota Mataram bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang ada di Kota Mataram.

Klik Spot Wisata di Bali yang lainnya!

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • pura batu bolong
  • pura batu bolong bali
  • batu bolong mistis
  • batu bolong tengahnya
  • fakta misteri pantai batu bolong
  • misteri pura di bali
  • penelitian pura batu bolong canggu
  • pura batu bolong canggu

Pura Hindu Bali , ,

Related Listing

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah