Upaya Pembersihan Spiritual dalam Upacara Melukat

Anda yang pernah datang ke Bali, setidaknya sudah pernah mendengar apa itu Upacara Melukat. Upacara Melukat ini dimaksudkan untuk melakukan pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia. Upacara ini merupakan adat tradisi umat Hindu Bali yang secara turun-temurun masih dilaksanakan hingga kini. Sementara penyucian rohani sendiri ialah sebuah proses untuk menghilangkan berbagai pengaruh kotor/ klesa yang ada dalam diri manusia.

Klesa mempunyai pengertian kotor. Klesa sendiri ada lima, yakni Awidya yang berarti kegelapan jiwa karena terlalu mengagungkan diri sendiri, Asmila berarti mementingkan diri sendiri, Raga yang bermakna lebih mementingkan mengumbar hawa nafsu, Dwesa berati bendi dan dendam, serta Abhiniwesa yang bermakna rasa takut. Jika kelima hal tersebut ada dan mendominasi manusia maka dipastikan hidupnya akan gelap dan kotor.

Sementara Melukat sendiri berasal dari kata Sulukat yakni “Su” berarti baik dan “Lukat” bermakna penucian. Jadi secara maknawinya, Sulukat berarti menyucikan diri untuk memperoleh kebaikan, kerahayuan. Lantas, bagaimana melakukan upacara yang satu ini?

–  Yakni: Upacara dipimpin oleh seorang Pemangku, kemudian sesajen yang telah disiapkan diberikan mantra-mantra.
–  Orang yang akan yang akan di upacarai terlebih dahulu di mantrai oleh pemangku.
–  Setelah Proses pemantraan selesai orang yang diupacarai tersebut percikan/disiram dilukat (dibersihkan) dengan air buah kelapa gading. (buah kelapa gading untuk upacara ini, diambil yang masih muda dan baru berisi air saja).
–  Setelah mandi air kelapa gading, alangkah baiknya juga yang bersangkutan melakukan ritual mandi tempat yang mengandung mata air atau air alami seperti laut, danau, sungai atau tempat tempat pemandian yang diyakini bisa membawa berkah juga dapat membersihkan diri baik lahir maupun batin.

Umat Hindu Bali percaya bahwa dengan melakukan upacara Melukat ini hal-hal yang bersifat kotor atau negatif akan kembali bersih, suci dan tergantikan oleh hal yang positif untuk melanjutkan hidup dimasa yang akan datang. Dalam implementasinya, Upacara Melukat ini kerap dilakukan secara beramai-ramai dan biasanya diadakan ditempat yang bersejarah, seperti pura, tempat pemandian yang dikeramatkan, atau laut yang juga dianggap memiliki pengaruh magis.

Klik festival Bali yang lainnya!

Selamat Beribadah!

 

Incoming search terms:

  • tempat melukat di bali
  • pengertian melukat
  • makna melukat
  • upacara melukat
  • spiritual hindu bali
  • arti melukat
  • upacara hindu bali
  • upacara di bali
  • melukat bali
  • spiritual bali

Festival , , , ,

Related Listing

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah