Upacara Kajeng Kliwon yang Kramat

Upacara penting Kajeng Kliwon biasa diperingati setiap 15 hari sekali yakni ketika pertemuan Pancawara Kliwon dengan Triwara Kajeng.

Upacara dan upakara-upakara yang mesti dilakukan pada hari Kajeng Kliwon hampir sama dengan upakara kliwon yang rutin dilakukan pada hari kliwon.

Kajeng Kliwon sendiri termasuk dalam upacara Dewa Yadnya yang memiliki arti upacara memberikan korban suci sebagai pesembahan yang tulus dan ikhlas kepada Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) beserta seluruh manifestasinya. Dengan adanya pengorbanan suci itu, dipercaya bahwa sang dewa akan melindungi segenap manusia yang melakukan persembahan dan bahkan memupuknya dengan kesejahteraan.

Pemujaan Sanghyang Siwa

Upacara Kajeng Kliwon merupakan upacara pemujaan kepada Sanghyang Siwa yang dipercaya di hari tersebut sedang melakukan semedi. Umat Hindu sendiri begitu meyakini bahwa Kajeng Kliwon begitu berarti dan begitu suci sehingga dianggapnya keramat dan makanya harus dilakukan perayaan berupa upacara. Dalam setiap 210 hari sekali hari Kajeng Kliwon khusus yang disebut dengan Pemelastali atau Watugunung Runtuh.

Pada hari Kajeng Kliwon umat Hindu di Bali menghaturkan sesajen dan persembahan kepada Sang Hyang Dhurga Dewi, sedangkan di tanah, sesajen dan persembahan dihaturkan kepada Sang Bhuta Bucari, Sang Kala Bhucari dan Sang Durgha Bucari.

Adapun sesajen yang diberikan hampir mirip dengan upacara kliwon yang biasa dilakukan pada hari Kliwon biasa. Yang membedakannya sesajen pada hari Kajeng Kliwon ditambahi dengan nasi kepel lima warna yakni merah, hitam, putih, kuning, dan cokelat.

Pada bagian atas, diambang pintu gerbang harus dihaturkan canang burat wangi dan canang yasa. Dengan sesajen yang dipersembahkan ini  diharapkan rumah tangga dan anggota keluarga mendapatkan keselamatan, selain itu juga sebagai ungkapan rasa terima kasih atas apa yang telah diberikan Sang Hyang Widhi.

Klik festival Bali yang lainnya!

Selamat Menyaksikan!

 

Incoming search terms:

  • kajeng kliwon
  • makna kajeng kliwon
  • makna hari kajeng kliwon
  • kajeng kliwon bali
  • hari kajeng kliwon
  • arti kajeng kliwon
  • kajeng keliwon
  • makna hari raya kajeng kliwon
  • makna kajeng kliwon bagi umat hindu
  • setiap hari kliwon umat hindu meyakini sebagai hari beryoganya

Festival , ,

Related Listing

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah