Perayaan Purnama Tilem Hindu Bali

Masyarakat Bali merupakan masyarakat yang sangat relijius. Ada banyak waktu dan momen penting dalam setahunnya yang menyimbolisasi ketaatan mereka kepada dewa/ roh yang diyakininya sebagai pemberi hidup dan kekuatan. Dan momentum yang sering dilakukan ialah perayaan Purnama Tilem dimana dalam upacara ini berfungsi dalam memberikan peringatan kepada segenap manusia akan adanya Rwa Binneda atau dua sisi yang saling bertentangan dalam kehidupan.

Biasanya dalam setiap datangnya Purnama dan Tilem ini akan dirayakan oleh umat Hindu dengan melaksanakan ritual dalam rangka membersihkan jiwa dan raga. Prosesnya sendiri diawali dengan melakukan proses persiapan sarana ritual persembahyangan dan persucian untuk kemudian mencari kebenaran yang hakiki melalui permenungan jiwa yang mendalam lewat Tapa, Brata dan Semedia yang memanifestasikan Jalan Bakti, Karma, Jnama dan Raja Marga.

Melalui siklus Purnama dan Tilem ini sesungguhnya alam mengajarkan kepada manusia tentang adanya yang jahat dan yang baik, yang gelap dan yang terang. Keduanya berputar mengelilingi kehidupan manusia secara berkala dan tak akan pernah berhenti dunia ini berakhir. Purnama dan Tilem ini juga mengajarkan kepada manusia bahwa ketika dalam keadaan senang maka janganlah terlarut dalam kesenangan yang melenakan itu, begitu pula ketika manusia sedang berada dalam keadaan terpuruk maka harus segera bangkit karena didepan cahaya akan menyambut.

Pada hari Purnama umat Hindu memuja Sang Hyang Chandra. Dan pada hari raya Tilem Umat Hindu memuja Sang Hyang Surya. Kombinasi Purnama Tilem ini merupakan penyucian terhadap Sang Hyang Rwa Bhinneda yaitu Sang Hyang Surya dan Chandra. Pada waktu gerhana bulan beliau dipuja dengan Candrastawa (Somastawa) dan pada waktu gerhana matahari beliau dipuja dengan Suryacakra Bhuwanasthawa. Pada hari suci Purnama Tilem ini biasanya umat Hindu menghaturkan Daksina dan Canang Sari pada setiap Pelinggih Utama dan Pelangkiran yang ada di setiap rumah. Untuk Purnama atau Tilem yang mempunyai makna khusus biasanya ditambahkan dengan Banten Sesayut.

Andapun bisa menjadi bagian dari ritual upacara Purnama dan Tilem dan harus sambil berusaha untuk menyelami pesan kehidupan yang terkandung dari segenap ritus upacara yang dilakukan tersebut.

Selamat Merayakan!

 

Incoming search terms:

  • Purnama
  • gambar canang sari
  • purnama tilem
  • yhs-per_001
  • HARI RAYA PURNAMA
  • GAMBAR CANANG
  • foto purnama
  • makna hari raya purnama dan tilem
  • upacara bulan purnama di bali
  • makna purnama

Festival , , , ,

Related Listing

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah