Memuja Dewa Surya dalam Upacara Tilem

Selain merayakan Galungan, Kuningan, Ngaben, apakah Anda tahu apa lagi seremonial lainnya yang juga tak kalah penting yang dilakukan oleh masyarakat Hindu Bali? Selain merayakan beberapa upacara yang telah disebutkan diatas, yang lebih bergaung namanya, ternyata ada puluhan jenis upacara lainnya yang secara konsisten dilakukan oleh masyarakat Hindu Bali secara baik dan bertanggungjawab.

Salah satunya adalah Upacara Tilem. Apa itu Upacara Tilem? Upacara ini memiliki makna penting, sebagai upacara untuk memuja Dewa Surya untuk memohon berkah dan karunia dari Sanghyang Widhi. Umat Hindu meyakini bahwa pada saat Tilem yang terjadi disaat bulan mati, memiliki keutamaan dalam menyucikan diri sebagai pelebur segala kotoran/ dosa yang ada dalam diri setiap manusia, juga bertepatan dengan Sanghyang Suryabeyoga yang memohonkan keselamatan kepada Sanghyang Widhi.

Upacara Tilem sendiri dilaksanakan setiap bulan mati atau setiap tiga puluh hari sekali. Pelaksanaannya dilakukan dalam satu hari, dimana ketika melakukan upacara ini diharapkan manusia atau umat Hindu Bali pada khususnya menyucikan diri secara lahir dan bathin dengan cara mengadakan sembahyang. Segala pujian dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa patut didendangankan dengan sepenuh hati sebagai manifestasi dari pengabdian yang tulus dan ikhlas.

Kebersihan dalam diri manusia sangatlah penting terutama kebersihan hati, dengan melaksanakan upacara pada hari Tilem (penyucian diri) manusia harus mendekatkan diri ke Hyang Widhi karena dialah (Tuhan Yang Maha Esa) yang dapat memberi, lewat pemujaan dan sembahyang diharapkan  Sang Hyang Widhi dapat mendengar dan mengabulkan maksud dari keinginan diri dan kembali suci.

Apapun bentuk doa dan permohonan terhadap sang Pencipta (Tuhan Yang Maha Esa), hendaklah dilakukan dengan sungguh-sungguh, dibarengi dengan niat yang tulus, kepasrahan juga kebersihan hati dan diri. Dan bila Hyang Widhi mendengar, mengizinkan dan mengabulkan permohonan maka akan tercapailah maksud dan tujuan dari apa yang diharapkan.

Selamat Menikmati!

 

Incoming search terms:

  • hindu bali
  • dewa surya
  • tilem
  • upacara kuningan di bali
  • mantra untuk memuja dewa surya
  • doa tilem
  • doa untuk dewa surya
  • gambar dewa surya
  • Sang hyang surya

Festival , , ,

Related Listing

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah